Pages

Subscribe:

Kamis, 07 Maret 2013

Ikat Pinggang dan Jenisnya


ikat pinggang khas baliFashion merupakan dunia tak terpisahkan bagi semua khalayak, entah itu wanita maupun pria. Banyak hal yang bisa menentukan fashion setiap orang. Banyak pernak-pernik dan atribut lain yang memperkuat citra fashion. Terlepas dari fakta dan pendapat bahwa fashion mampu menggambarkan pribadi orang, dunia fashion selalu berkembang dan nyaris merupakan sebuah seni tersendiri bagi setiap insan yang mendalaminya. Perkembangan dan inovasi yang dilakukan setiap orang penggemar fashion secara garis besar merupakan upaya-upaya memadukan satu jenis fashion dengan berbagai jenis lainnya untuk menjawab dan memenuhi kebutuhan mereka, ataupun untuk memuaskan keinginan mereka untuk selalu tampil fashionable. Aksesoris yang sering kali dipakai oleh para fashionista adalah ikat pinggang.

Jika pada awalnya ikat pinggang bertujuan untuk mengencangkan celana ataupun rok yang terlalu besar agar tidak kedodoran, setelah melalui banyak perkembangan, ikat pinggang sekarang ini memiliki makna yang lebih fashionable, mulai dari sisi fungsi sebagai pengikat celana atau rok, hingga dari sisi estetis yang digunakan untuk mempertajam atau menegaskan sebuah bentuk style dan selera berpakaian.

Jika Anda adalah seorang fashionista, ikat pinggang tentulah bukan hal baru yang membingungkan untuk dipilih dan dipadupadankan dengan pakaian yang lainnya. Dengan memahami bahwa bahan, corak, hingga bentuk ikat pinggang akan mempengaruhi kesan dalam berpakaian, ikat pinggang bisa menjadi sebuah alternatif dalam memperkaya fashion Anda. Akan tetapi, beda kasusnya jika Anda merupakan orang yang 'terlalu' mementingkan kenyamanan hingga masalah estetis bukanlah suatu hal utama yang Anda pertimbangkan saat memilih paduan dan padanan dalam berpakaian. Namun, karena pilihan ikat pinggang sudah menjadi sangat beragam yang menciptakan banyak sekali kemungkinan untuk menciptakan sebuah kesan, Anda mungkin menjadi sedikit bingung untuk memulai. Ikat pinggang seperti apakah yang tepat untuk digunakan? Untuk menjawab sedikit dari pertanyaan Anda, berikut merupakan beberapa tips yang dapat digunakan saat memilih ikat pinggang. Karena pada dasarnya kesan yang akan ditentukan ikat pinggang bergantung pada bentuk ikat pinggang itu sendiri, maka yang perlu Anda pahami adalah bagaimana suatu bahan, corak, dan bentuk ikat pinggang tertentu akan berfungsi saat Anda mengenakannya.

Untuk terlihat lebih langsing, pemilihan ikat pinggang bisa jatuh pada obi (ikat pinggang kimono Jepang). Obi akan menimbulkan kesan lebih ramping kareana bisa membuat pinggang Anda terlihat langsing dan tinggi. Obi pada umumnya terbuat dari kain, bisa dari kain katun maupun katun. Bahan yang dipilih untuk ikat pinggang jenis obi dapat disesuaikan dengan jenis bahan pakaian Anda. Untuk corak obi, perhatikan bahwa Anda bisa memilih obi dengan sedikit detail dan warna-warna tunggal untuk dipadankan dengan pakaian yang sudah memiliki banyak detail maupun corak. Jika Anada mengenakan pakaian yang terlalu polos, obi dengan banyak corak dan detail akan menjadi sebuah aksen yang menawan.

Untuk memiliki tampilan yang terlihat baru dan berbeda, Anda bisa menggunakan ikat pinggang dengan lingkaran kecil (untuk celana panjang). Selain itu, ikat pinggang dengan model seperti ini juga memiliki fungsi ganda seperti untuk memnyembunyikan sweater Anda yang sebenarnya terlalu besar. Ikat pinggang ini juga bisa untuk mengelabuhi blouse yang kelewat besar tanpa mengurangi nilai estetis dan kecantikan tampilan ikat pinggangnya.

Jika Anda ingin menimbulkan kesan feminin, Anda bisa menggunakan ikat pinggang yang dapat digunakan di pinggang bagian atas. Penggunaan ikat pinggang di bagian ini akan membuat pinggang Anda terlihat jauh lebih ramping bahkan terlihat seperti gitar. Bahan yang digunakan bisa beragam asal sesuai dengan style pakaian yang sedang Anda gunakan. Pemakaian ikat pinggang di pinggang bagian atas juga bisa menimbulkan kesan casual dan sporty pada saat digunakan dengan kancing yang dipadukan dengan celana jeans atau dress (terusan) panjang.

Untuk mempertegas "bahasa" style Anda, ikat pinggang dengan motif, corak, dan detail yang cantik bisa menjadi pilihan yang tepat. Ikat pinggang seperti ini biasanya sudah berbicara tanpa Anda terlalu mengeluarkan banyak usaha untuk tampil fashinable dan tanpa Anda perlu berbicara untuk mengutarakan Anda sedang memakai fashion jenis tertentu apa. Jika Anda pandai memadukan warna dan corak serta pola-pola bahkan buckle (kepala ikat pinggang) dengan pakaian yang sedang Anda gunakan, orang lain yang melihat takkan perlu susah menebak-nebak, orang dengan style dan selera seperti apakah Anda.

Untuk terlihat semakin gaya, ikat pinggang yang dipilih bisa juga merupakan ikat pinggang yang Anda ambil dari kalung atau manik-manik. Ikat pinggang yang terbuat dari kalung maupun manik-manik memiliki kesan unik tersendiri dan memiliki ragam paduan yang sangat bervariasi. Anda juga bisa menggunakan pernak-pernik lainnya seperti bandul, tali, rantai, dan bebatuan untuk menampilkan kesan lain daripada yang lain. Anda cukup melilitkannya pada pinggang dan membiarkannya sedikit longgar.

Nah, setelah mengetahui jenis ikat pinggang dan kesan apa yang akan ditimbulkannya, Anda sekarang memiliki lebih banyak referensi dan pilihan gaya dengan menggunakan ikat pinggang. Anda bisa menjadi orang yang faashionable dan siap menjadi seorang fashionista. Pilih ikat pinggang Anda sekarang dan selamat mencoba!

1 komentar: