Pages

Subscribe:

Jumat, 08 Maret 2013

Model / fashion

Fashion
Fashion merupakan suatu sistem penanda dari perubahan budaya menurut suatu kelompok atau adat tertentu. Fashion tidak bisa dipisahkan dari perkembangan sejarah kehidupan dan budaya manusia.
Perkembangan fashion di seluruh dunia dari tahun ke tahun semakin maju dan kreatif. Walaupun fashion dari tahun ke tahun terus berkembang, sebenarnya selera fashion cenderung berulang tanpa disadari. Banyak pakaian-pakaian jaman dulu yang kemudian muncul lagi dan menjadi trend saat ini. Hanya saja fashion tersebut lebih dikembangkan sesuai dengan perkembangan zaman agar telihat lebih fashionable dan tidak terlihat kuno. Pengembangan fashion yang terus dilakukan guna mewujudkan fungsi lebih fashioable dalam perkembangannya tersebut berdampak pada perubahan fungsi fashion itu sendiri. Tahun 2011 kita sering melihat gaya punk street yang sebenarnya sudah menjadi trend pada tahun 1970-1980. Batik sebagai salah satu kesenian khas Indonesia yang sudah ada sejak dulu namun mulai terkesan kuno, dilupakan masyarakat Indonesia yang lebih memilih produk luar, dan hanya digunakan orang-orang tua, sekarang kembali menjadi trend fashion di masyarakat setelah banyak dikembangkan menjadi baju modern yang lebih fashionable seperti kaos; baju pesta; dan blazer yang bisa digunakan kapanpun oleh berbagai kalangan. Blazer yang dulu menjadi trend fashion untuk acara formal dan pekerjaan kantor, ditahun 2012 ini kembali menjadi trend fashion yang banyak digunakan oleh remaja, namun tidak hanya untuk acara formal tapi juga untuk acara santai dengan memadupadankannya secara kreatif. Jilbab yang sudah ada sejak zaman dulu dan berfungsi untuk menutup aurat sekarang berkembang menjadi trend fashion yang tidak hanya berfungsi untuk menutup aurat.
Perkembangan fashion terkadang juga mengikuti perkembangan selera musik dan gaya artis. Seperti tahun ini yang perkembangan fashionnya lebih mengarah ke Asia Timur seperti Korea. Selera musik masyarakat yang mengarah pada boyband dan girlband ala Korea membuat trend fashion di Indonesia juga ikut mengarah pada style fashion korea yang cenderung unik dan lucu. Baju-baju dengan warna pastel menjadi trend fashion yang menambah kesan feminim dan cute di kalangan remaja.
Fashion pada dasarnya berfungsi sebagai penutup tubuh dan menunjukkan nilai kesopanan. Namu seiring dengan perkembangannya, fashion sekarang tidak lagi berfungsi sebagai penutup tubuh. Bagi sebagian orang, fashion menunjukkan kelas sosial mereka di masyarakat. Fashion seperti sudah menjadi bagian dari gaya hidup sekaligus simbol dan status sosial mereka dalam pergaulan. Mereka yang berpendapat seperti itu menurut saya adalah orang-orang yang menganggap bahwa penampilan adalah segalanya, bahwa bagi mereka pakaian yang bagus adalah pakaian yang bermerk dan selalu mengikuti perkembangan trend. Mereka selalu mencari tahu tentang perkembangan fashion terbaru dan berusaha mendapatkan baju, sepatu, dan accessoris terbaru itu bagaimanapun caranya. Mereka menganggap dirinya sebagai seseorang dengan gaya hidup modern yang selalu mengikuti tren yang ada, gaya hidup membantu yang menurut mereka menentukan sikap dan nilai-nilai serta menunjukkan status sosial. Perkembangan teknologi yang begitu pesat membuat mereka para pecinta fashion semakin mudah mengetahui perkembangan fashion. Selain itu, adanya online shop juga membuat mereka menjadi semakin mudah mendapatkan baju, sepatu, dan accessoris terbaru yang mereka inginkan. Cukup dengan menghubungi pemilik online shop, mengajukan pesanan, dan mentransfer sejuamlah uang yang sesuai dengan harga barang yang mereka pesan melalui atm, barang yang mereka pesan bisa langsung mereka diantar ke rumah mereka. Tanpa perlu repot-repot keluar rumah dan berkeliling dari satu pusat perbelanjaan ke pusat perbelanjaan yang lain lagi untuk mencari baju yang mereka inginkan dan menjadi fashionable.
Pandangan tentang fashion menurut para pecinta fashion tersebut tentu jauh berbeda dengan pendapat orang-orang yang menomorduakan penampilan. Bagi mereka perkembangan fashion tidaklah penting. Yang terpenting bagi mereka dalam berpenampilan adalah rasa nyaman saat mengenakan pakaian tersebut, bukan karena merk dan trend fashion saat ini. Mereka tidak perlu susah-susah mencari tau perkembangan fashion saat ini karena saat mereka memilih baju, mereka akan memilih baju yang menurut mereka cocok untuk mereka dan nyaman untuk mereka gunakan kapan pun. Mereka cenderung mencari sesuatu yang berkualitas, harganya terjangkau, desainnya kreatif, orisinal dan eksklusif. Orang-orang seperti ini cenderung lebih nyaman menjadi diri mereka sendiri tanpa harus merasa pusing dengan perubahan fashion yang sangat cepat dan tanpa perlu merasa takut akan tertinggal dengan trend fashion saat ini.

0 komentar:

Poskan Komentar