Pages

Subscribe:

Kamis, 07 Maret 2013

Kalung: Salah Satu Aksesori Utama Para Wanita

 

Jika dilihat dari sejarahnya, kalung merupakan bagian tak terpisahkan dari perhiasan yang dikenakan manusia, bahkan sejak jaman purbakala. Manusia purbapun terlihat sudah mengenakan kalung yang mereka buat dari bahan-bahan sederhana yang tersedia pada jaman mereka. Ada yang membuat kalung dari batu, daun-daunan, tulang, kerang, kayu dan lain sebagainya. Seperti halnya aksesoris fashion lain seperti jam, gelang maupun ikat pinggang, kalung juga mengalami berbagai perubahan seiring dengan perkembangan jaman. Berbagai macam bahan dan material, baik yang alami maupun sintetis dapat digunakan untuk menciptakan sebuah kalung yang indah. Lihat saja koleksi-koleksi kalung yang dijual di toko-toko atau bahkan di stand-stand di mall dan pasar swalayan. Beberapa dari koleksi tersebut sepertinya terbuat dari bahan yang sederhana, tetapi sangat manis dan cantik dilihat.

Kalung akan menjadi pusat perhatian orang dari keseluruhan pakaian yang kita kenakan. Oleh karena itu diperlukan seni dan keahlian tersendiri dalam memilih dan memadupadankan kalung dengan busana yang kita kenakan, terutama bagi para wanita. Hal ini berlaku baik bagi para wanita karir maupun ibu rumah tangga dan bahkan para wanita muda dan remaja. Pemilihan kalung yang tepat tentu saja akan semakin mempercantik penampilan Anda. Untuk mengetahui tren fashion yang sedang digemari, Anda bisa mengikutinya dengan berbagai cara:

  • Memperkaya pengetahuan Anda dengan membaca majalah fashion
    Anda dapat dengan mudah mencari tren fashion yang sedang "in" di masyarakat, baik busana, aksesoris termasuk kalung, tas, sepatu dan lain sebagainya. Umumnya, majalah seperti ini sangat bermanfaat bagi para pecinta fashion yang tidak pernah mau ketinggalan untuk mengikuti dan mengenakan produk fashion yang sedang "in".
  • Menonton TV
    TV merupakan salah satu tolok ukur ampuh dalam mengenali tren fashion yang sedang berlaku di masyarakat. Tayangan-tayangan yang ada terutama yang berhubungan dengan artis, pembawa acara, tokoh-tokoh merupakan salah satu cara untuk mengetahui tren terkini yang sedang digemari. Biasanya para 'public figur' tersebut akan mengenakan busana yang sedang tren, terutama artis-artis muda yang akan sangat membantu Anda dalam memilih fashion dan aksesoris yang terkini yang sesuai dengan Anda termasuk dalam hal memilih kalung
  • Browsing di internet
    Kemajuan teknologi telah membawa dampak yang besar dalam berbagai bidang, termasuk fashion di dalamnya. Komunikasi yang makin lancar, bahkan dari benua yang berbedapun telah mempercepat sampainya informasi mengenai tren fashion terkini di dunia. Anda dapat dengan mudah mencontoh gaya penampilan artis tertentu tanpa mengurangi jati diri Anda, memadupadankan pakaian dan aksesoris sehingga mengikuti tren yang sedang berlaku di masyarakat. Pemilihan kalungpun, bisa Anda lakukan lewat internet yang menyediakan beragam pilihan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Menjadi pengamat
    Ini merupakan hal termudah yang dapat Anda lakukan di mana saja. Ketika Anda sedang bekerja di kantor, arisan bersama teman-teman, jalan-jalan di mall atau berada dalam komunitas tertentu jadilah pengamat yang baik. Anda dapat mengamati busana beserta aksesoris - dalam hal ini termasuk kalung - yang dikenakan orang-orang yang Anda temui tersebut. Anda pasti akan sampai pada kesimpulan mengenai model, bahan atau material dan jenis kalung apa yang sedang tren sekaligus kalung tersebut paling sesuai dipadupadankan dengan busana seperti apa. Hal ini cukup efektif untuk membantu Anda tampil trendy dan tidak ketinggalan jaman.
Berbicara mengenai kalung, tentu saja tidak akan lepas dari bahan atau material apa yang digunakan untuk membuat kalung tersebut. Berikut beberapa jenis, bahan maupun material kalung yang biasa kita jumpai di pasaran:

  • Logam Mulia
    Material yang paling umum digunakan untuk membuat kalung adalah logam mulia, dalam hal ini emas. Anda dapat dengan mudah menjumpai beragam model, berat dan jenis kalung yang terbuat dari logam mulia ini. Umumnya kalung jenis ini dipercantik dengan adanya bandul atau pendant yang dapat Anda pilih sesuai dengan keinginan Anda. Dewasa ini, kalung yang terbuat dari emas putih atau platina juga mulai marak kita jumpai di pasaran. Bagi mereka yang menggemari warna putih, kalung dari bahan platina merupakan pilihan yang paling pas. Model dan desainnya pun tidak kalah menarik dan beragam dengan kalung yang terbuat dari emas kuning.
  • Logam lain
    Banyak orang juga menggemari perhiasan dari perak termasuk kalung. Kalung perakpun beragam bentuk, motif dan desainnya. Selain perak terdapat juga campuran logam seperti alloy, tungsten, palladium, monel dan lain sebagainya yang biasa digunakan untuk membuat kalung.
  • Batu-batuan
    Kalung dari batu-batuan juga sangat populer saat ini. Dibutuhkan kreatifitas dari pembuatnya untuk menciptakan kalung yang indah dari berbagai jenis dan ukuran batuan.
  • Kayu dan material lain
    Untuk kalung jenis etnik biasanya terbuat dari bahan-bahan alami yang biasa dijumpai dalam kehidupan sehari-hari kita. Materi yang digunakan bisa berupa bambu, kayu, tempurung kelapa, tanduk rusa atau kerbau dan lain sebagainya.
Apapun jenis dan bahan kalung yang Anda pilih untuk digunakan, yang terpenting adalah bagaimana Anda memadupadankan kalung tersebut dengan busana yang Anda kenakan sehingga tercipta sebuah harmoni dalam cara Anda berpakaian.

0 komentar:

Poskan Komentar