Pages

Subscribe:

Kamis, 07 Maret 2013

Pakaian tradisional dari berbagai negara didunia (bagian ke-II)

  
       Baju Tradisional China
Tidak diragukan lagi inilah salah satu pakaian tradisional yang memiliki konsep tercantik, pemilihan detail dan motif dan desainnya sungguh indah dan fleksibel digunakan sampai saat ini. Jika umumnya pakaian tradisional yang berasal dari Asia timur seperti Jepang dengan Kimomo dan Korea Selatan dengan Hanbok menggunakan pakaian yang lebar dan panjang, pakaian tradional China yang dinamakan dengan  Cheongsam ini memiliki keunikan karena lebih ramoing dan simpel sehingga pemakain baju Cheongsam pun akan terlihat lebih tinggi dan anggun karena baju yang dikenakannya ramping pasa dengan tubuhnya. Baju Cheongsam memiliki ciri potongan panjang memiliki desain leher yang tinggi, berlengan pendek, seerat disertai dengan kancing shanghai. Warna-warna cerah merupakan warna yang biasa dipilih terutama merah.
-          Baju Tradisional Persia
Persia merupakan sebuah budaya dan suku bangsa yang mayoritas berada di negara Iran,  seperti halnya dengan negara lain baju tradisional bangsa Persia juga terkenal dan sering dipakai dalam berbagai kesempatan formal negara. Baju tradisional bangsa persia dikenal dengan nama Kaftan, Baju ini memiliki ciri khas yang panjang seperti halnya jubah dan dibuat darikain yang ringan. Baju Kaftan terlihat mewah dan anggun untuk siapapun yang mengenakannya, saat ini baju kaftan juga memiliki berbagai macam inovasi seperti bordir manik-manikpayet dan lain sebagainya sehingga membuat baju kaftan menjadi lebih menarik.
-          Baju tradisional Skotlandia
Baju tradisional Skotlandia sangat terkenal didunia dan sering dikenakan diberbagai perayaan bukan hanya dinegara Skotlandia saja namun juga dinegara lainnya. Baju tradisional Skotlandia dikenal dengan nama Kilt yang diambil dari nama sebuah bangsa bernama bangsa bangsa Keltik di Skotlandia. Pakaian Kilt ini memiliki ciri khas terutama roknya dan motif-motif pola kotak-kotak, Kilt digunakan tergantung dengan acara dan biasanya dipadukan dalam berbagai macam ornamen lain seperti jaket, tali pinggang sporan, sepatu khusus dan lainnya. Pola kotak-kotak pembangun dalam baju Kilt merupakan pola tartan yang merupakan pola tradisional yang diplikasikan dalam baju, dahulu baju ini sering dipakai dan dibuat dari bahan tenunan kainwol namun saat ini sudah banyk perubahan dan tidak hanya mengandalkan kain wol semata untuk membuatnya. Pola tartan yang ditemukan dalam baju Kilt ini ditemukan dan mulai ada sejak abad ke 16, dan konon pola kotak-kotak tartan yang ada pada baju Kilt konon mencerminkan dari kaya seerta beragamnya budaya Skotlandia yang bersatu dalam satu tenunan.


0 komentar:

Posting Komentar